Get Adobe Flash player
Pusat Belanja Online Kabupaten Semarang - http://www.belanjasemarang.co.id

PROFIL PERDAGANGAN KABUPATEN SEMARANG

Letak Kabuapten Semarang yang strategis dapat dikembangkan menjadi daerah perdagangan, industri, pariwisata dan pertanian karena adanya berbagai faktor pendukung antara lain :

- Terletak dipersimpangan segi tiga antara Semarang-Surakarta (Solo) – Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa disebut Joglo Semar.

- Akses lalulintas baik darat-laut-udara mudah/dekat.

- Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah karena memiliki banyak obyek wisata baik alam, sejarah, religi, kuliner dll.

 

- Daerah berbukit dan subur sebagai penghasil tanaman  pertanian utamanya tanaman hias dan sayuran.

- Banyak sumber air, bukan daerah banjir dan tersedia lokasi untuk industri.

Dibidang perekonomian khususnya sektor perdagangan yang berkaitan dengan kelancaran distribusi bahan pokok dan umum lainnya didukung oleh 33 pasar tradisional yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Semarang dan juga tempat usaha lain yang dikelola oleh masyarakat umum.

Sebagaimana tentunya perkembangan pola hidup masyarakat, Kabupaten Semarang juga tidak luput dari serbuan berdirinya toko modern ( mini market) super market yang tersebar di berbagai wilayah dengan jumlah mini market 31 buah dan super market 43 buah.

Adapun jumlah perusahaan dagang berdasarkan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah 633 buah yang terdiri dari :

1. Perusahaan Dagang Kecil (PK)  : 560 buah

2. Perusahaan Dagang Menengah (PM) :   50 buah.

3. Perusahaan Dagang Besar (PB)  :   23 buah

 

 

Daftar Harga Bahan Kebutuhan Pokok (update tanggal 15 Mei 2016 ) : 1. Beras : C4 Super Rp. 11.000,-/kg ; C4 Biasa Rp. 10.500,-/kg 2. Gula Pasir (Kw. Medium) : Rp. 14.500,-/kg 3. Minyak Goreng : Bimoli Refill : Rp. 13.000,-/ltr ; Minyak Sayur : Rp. 12.000,-/ltr 4. Daging : Sapi Murni : Rp. 110.000,-/kg ; Ayam Broiler : Rp. 28.000,-/kg ; Ayam Kampung : Rp. 55.000,-/kg