Berita,  Kegiatan,  Koperasi

Sosialisasi Pendirian Koperasi Bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang menyelenggarakan Sosialisasi Pendirian Koperasi Bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan tambahan kegiatan yang diinisiasi oleh DPRD Kabupaten Semarang. Kegiatan Sosialisasi Pendirian Koperasi dilaksanakan pada hari Rabu, 2 November 2022 di Aula Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang. Undangan yang hadir sejumlah 30 orang perwakilan dari anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang.

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini ialah 3 anggota komisi B DPRD Kabupaten Semarang dan Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Ibu Tri Mulyawati, SE,MM selaku Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang. Menuju inti acara, kegiatan sosialisasi dimoderatori oleh Bapak Iwan Satrijo Rahardjo, SE selaku Fungsional Pengawas Koperasi Subkoordinator Kelembagaan dan Usaha.

Bapak Hadi Wuryanto selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan materi tentang pembentukan koperasi

Narasumber pertama yaitu Bapak Hadi Wuryanto selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan. Beliau menyampaikan materi tentang pembentukan koperasi dan menceritakan pengalaman beliau dalam mengelola koperasi. Beliau selain menjadi anggota DPRD juga menjabat sebagai ketua KUD Mekar di Ungaran Timur. Berbekal pengalaman dan pengetahuan selama menjadi Ketua KUD Mekar beliau memberikan nasehat dan arahan kepada nggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang agar menjalankan prinsip-prinsip perkoperasian dengan baik dan benar apabila kelak hendak mendirikan Koperasi PKK di Kabupaten Semarang.

Ibu Hj. Rohprihati, SE. MM selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi NASDEMRA menyampaikan materi tentang Syarat-syarat koperasi yang baik

Narasumber kedua yaitu Ibu Hj. Rohprihati, SE. MM selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi NASDEMRA. Beliau menyampaikan materi tentang Syarat-syarat koperasi yang baik. Beliau menyampaikan pentingnya kesepahaman dan kepekaan anggota untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Masih banyak peluang-peluang di wilayah Kabupaten Semarang yang belum dimanfaatkan. Berbekal pengalaman menjadi anggota DPRD dan juga menjadi penggerak Koperasi Wanita Melati yang ada di Jatirunggo Kecamatan Pringapus, beliau menyampaikan kepada peserta Sosialisasi agar nantinya jika mendirikan koperasi dapat memanfaatkan peluang tersebut.

Bapak Rizka Dwi Prasetyo selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan materi pembinaan koperasi

Narasumber ketiga yaitu Bapak Rizka Dwi Prasetyo selaku anggota Komisi B DPRD Kabupaten Semarang dari Fraksi PDI Perjuangan. Beliau menyampaikan materi pembinaan koperasi agar dapat menerapkan positioning dalam kegiatan bisnisnya. Positioning merupakan langkah di mana suatu koperasi dapat menguraikan semua fitur dalam produk/layanannya dan mengkomunikasikan bagaimana dan mengapa produk/layanan tersebut lebih baik dan menjadi solusi konsumen. Positioning produk merupakan strategi pemasaran yang menentukan keberlangsungan produk di pasaran dan bagaimana konsumen dapat melihat loyalitas perusahaan yang menghasilkan produk tersebut.

Ibu Sri Rahayu selaku Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang menyampaikan materi Motivasi dan Kiat PKK Kabupaten Semarang Membina Koperasi

Narasumber Terakhir yaitu Ibu Sri Rahayu selaku Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang. Beliau menyampaikan materi Motivasi dan Kiat PKK Kabupaten Semarang Membina Koperasi. Beliau menyampaikan perlunya menjadi tauladan kapanpun dan dimanapun berada, khususnya bagi anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang. Beliau juga menyampaikan kiat-kiat agar anggota Tim Penggerak PKK dapat memotivasi gerakan PKK yang ada di bawahnya. Setelah mampu memotivasi gerakan PKK, anggota Tim Penggerak juga diberikan kiat-kiat membina koperasi PKK. Tujuannya agar Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang mampu memotivasi dan membina gerakan PKK yang ada di kecamatan dan desa/kelurahan untuk menggalakkan kegiatan perkoperasian di dalam kegiatan PKK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


error: Content is protected !!